Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

Kenali Penyebab Keringat Berlebih di Kepala!



Kenali Penyebab Keringat Berlebih di Kepala!

Keluarnya keringat berlebih di kepala tidak bisa disepelekan. Terlebih lagi keluarnya keringat tersebut memberikan beberapa efek yang membuat tidak nyaman, seperti menimbulkan rasa gatal pada kepala dan menurunkan rasa percaya diri karena bagian kepala selalu terlihat basah.

Faktor yang mempengaruhi

Bagi Anda yang merasa memiliki keluhan ini, Anda perlu memeriksakannya ke dokter! Dokter menyebut keluarnya keringat yang lebih banyak karena terjadi gangguan pada kelenjar keringat sebagai hiperhidrosis. Hiperhidrosis yang dialami oleh remaja biasanya disebut hiperhidrosis primer. Penyebabnya pun beragam, seperti faktor keturunan, syaraf, dan metabolisme. Sedangkan hiperhidrosis yang dialami oleh orang dewasa disebut hiperhidrosis sekunder. Faktor penyebabnya adalah faktor psikologis, faktor makanan dan minuman, faktor kesehatan, serta faktor obat-obatan.

1. Faktor Psikologis
Rasa cemas, rasa malu, rasa takut dan stres bisa menjadi penyebab keluarnya keringat lebih banyak. Semakin besar ketegangan yang dirasa akan berdampak pada keluarnya keringat yang lebih banyak. 

2. Faktor Makanan dan Minuman
Makanan juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan keluarnya keringat secara berlebih. Makanan pedas dan minuman yang mengandung kafein atau minuman yang mengandung alkohol juga bisa memicu keluarnya keringat lebih banyak.

3. Faktor Kesehatan
Faktor kesehatan juga bisa membuat keringat yang keluar lebih banyak. Faktor kesehatan tersebut diantaranya; kadar gula rendah (Hipoglikemia), berat badan yang berlebih (obesitas), penyakit jantung, menopause, diabetes, stroke, malaria, dan tuberkulosis. Selain beberapa hal tersebut, faktor lain yang juga masih berkaitan dengan kesehatan adalah aktifnya kelenjar tiroid yang biasa disebut dengan istilah hipertiroidisme.

4. Faktor Obat-Obatan
Keluarnya keringat secara berlebihan juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan. Efek penggunaan obat-obatan, contohnya asetaminofen, aspirin, morfin, dan tiroksin dosis tinggi bisa memicu keluarnya keringat lebih banyak.

Mengenal hiperhidrosis lebih jauh

Rasanya tidak akan cukup bila hanya mengenal faktor penyebab keluarnya keringat secara berlebih tanpa mengenal lebih mendalam mengenai hiperhidrosis. Hiperhidrosis dibedakan menjadi tiga macam yaitu hiperhidrosis fokal primer, hiperhidrosis ideopatik generalisasi, dan hiperhidrosis sekunder generalisasi.

a. Hiperhidrosis Fokal Primer
Hiperhidrosis fokal primer merupakan istilah untuk menyebut keringat yang keluar secara pada beberapa daerah tertentu seperti wajah, kepala, telapak tangan, ketiak, dan telapak kaki. 

b. Hiperhidrosis Ideopatik Generalisasi
Berbeda dengan hiperhidrosis fokal primer yang hanya mengeluarkan keringat berlebih di daerah tertentu, hiperhidrosis ideopatik generalisasi justru mengeluarkan banyak keringat dari seluruh tubuh.

c. Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi
Hiperhidrosis sekunder generalisasi mengeluarkan banyak keringat karena efek dari penyakit yang diderita atau karena efek dari obat yang dikonsumsi. Keringat yang berlebih biasanya akan muncul di malam hari.

Bagi Anda yang merasa memiliki keluhan seperti keluarnya keringat yang lebih banyak di area kepala, Anda bisa mencoba melakukan serangkaian tes untuk mengetahui penyebabnya. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk tes urine, tes darah, tes thermoregulatory, tes kertas, dan uji pati yodium.

Setelah dokter mengetahui penyebab keringat berlebih di kepala Anda, dokter akan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan Anda. Jadi Anda tidak perlu malu untuk mengkonsultasikan keluhan Anda kepada dokter!

Jadi keluarnya keringat berlebih di kepala bukan suatu hal yang harus dianggap normal dan perlu diperiksakan! Keluarnya keringat berlebih menunjukkan adanya gangguan pada kelenjar keringat. Penyebabnya pun beragam faktor, seperti faktor keturunan, syaraf, metabolisme, faktor psikologis, faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi, faktor kesehatan, serta faktor obat-obatan yang Anda konsumsi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kenali Penyebab Keringat Berlebih di Kepala!

0 komentar:

Posting Komentar