Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

Kenali Pantangan Sakit Maag, Jika Tak Ingin Mati Muda!



Kenali Pantangan Sakit Maag, Jika Tak Ingin Mati Muda!

Bagi Anda penderita sakit maag, Anda perlu mengetahui pantangan sakit maag bila tidak ingin mati muda. Anda harus mulai memperhatikan pola makan Anda dan tidak boleh menyepelekannya. Penyakit maag adalah penyakit peradangan selaput lambung yang apabila dibiarkan akan menjadi maag kronis.

Penyakit maag ketika sudah kronis ibarat bom waktu yang siap meledak kapan saja karena penderita maag akut tidak menutup kemungkinan akan mengalami kebocoran lambung atau terkena kanker lambung sehingga berdampak pada kematian.

5 Pantangan bagi penderita maag

Apakah Anda masih ingin menyepelekan penyakit Anda? Ataukah Anda sudah berubah pikiran dan ingin menjaga pola makan Anda? Jika Anda sudah mendapatkan pencerahan, Anda bisa melanjutkan membaca artikel ini hingga tuntas! Berikut ini akan dijabarkan pantangan yang harus dihindari oleh penderita maag agar tidak mati muda.

1. Hindari Makanan Pedas!

Lidah masyarakat Indonesia memang sudah terbiasa dengan makanan pedas. Jadi, ketika makanan yang dimakan tidak terasa pedas akan terasa ada yang kurang. Hal ini tidak bisa dijadikan alasan untuk tetap mengonsumsi makanan yang pedas. Tahukah Anda jika makanan pedas memicu naiknya asam lambung sehingga membuat maag Anda menjadi nyeri, sakit, atau bahkan kambuh? Jika Anda sudah tahu, mulai detik ini berhenti mengonsumsi makanan pedas. Anda harus menghindari makanan pedas untuk menjaga kadar keasaman lambung Anda. Anda tidak ingin mati muda, bukan?

2. Hindari Makanan Berlemak!

Makanan yang mengandung lemak memang lebih nikmat. Terlebih lagi makanan yang digoreng secara kering seperti gorengan, ayam goreng, telur goreng, seafood goreng, kentang goreng, dan lain sebagainya. Nikmatnya makanan tersebut hanya sesaat saja karena setelah itu Anda harus merasakan sakit pada lambung Anda. Hal ini karena makanan yang berlemak tersebut dapat meningkatkan peradangan pada selaput lambung, sehingga tidak heran bila makanan tersebut dapat memicu terjadinya maag di lambung Anda.

3. Hindari Makanan Olahan!

Makanan olahan yang instan dan lebih praktis dibuat juga perlu dihindari. Makanan seperti mie instan, pasta, dan lain sebagainya dapat membuat lambung Anda mengalami iritasi. Jadi Anda juga perlu menghindarinya. Makanan rumahan lebih sehat daripada makanan olahan. Jadi lebih baik Anda memasak sendiri walaupun tidak sepraktis makanan olahan.

4. Hindari Buah-buahan Perangsang Asam Lambung!

Pantangan sakit maag yang juga perlu Anda hindari adalah buah-buahan yang banyak mengandung gas seperti durian, rambutan, nanas, dan nangka. Buah yang mengandung banyak gas dapat merangsang dan meningkatkan asam lambung. Jadi sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah tersebut dan menggantinya dengan buah-buahan yang lain yang lebih sehat, seperti pisang misalnya. Buah pisang dapat membantu mengurangi asam lambung dan sangat baik bagi penderita maag.

5. Hindari Kopi dan Teh!

Kopi dan teh adalah minum wajib di pagi hari dan malam hari. Sebab keduanya sangat nikmat diseduh dalam keadaan hangat di suasana yang dingin. Tapi bagi Anda penderita maag disarankan untuk berhenti minum kopi dan teh! Kandungan kafein pada kopi dapat memicu naiknya asam lambung, sedangkan tanin pada teh bisa menyebabkan iritasi terhadap usus lambung. Sebaiknya Anda menggantinya dengan air putih hangat atau air jahe yang lebih menyehatkan.
 
Demikianlah pantangan sakit maag yang perlu Anda waspadai agar tidak mati muda. Mulai detik ini, mulailah memperhatikan pola makan Anda dan mulailah menghindari pantangan di atas demi kesehatan Anda!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kenali Pantangan Sakit Maag, Jika Tak Ingin Mati Muda!

0 komentar:

Posting Komentar