Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

3 Cara Mengatasi Keringat Berlebih, Dijamin Ampuh!



3 Cara Mengatasi Keringat Berlebih, Dijamin Ampuh!

Bagi Anda yang sedang berusaha mencari informasi mengenai cara mengatasi keringat berlebih, Anda bisa membaca artikel ini dan menerapkan tiga tips sederhana yang pasti ampuh mengurangi jumlah keringat yang berlebih.

Mengapa bisa keluar keringat berlebih?

Sebelum membahas tiga tips terjitu dan terjamin keampuhannya, Anda perlu mengetahui penyebab keringat keluar lebih banyak dari jumlah keringat normal. Dunia medis menyebut keluhan keluarnya keringat yang berlebih sebagai hiperhidrosis. Hiperhidrosis ini biasanya dialami oleh remaja dan dewasa. Penyebabnya pun juga beragam. Hiperhidrosis yang dialami oleh remaja biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, metabolisme, dan juga faktor syaraf. Sedangkan hiperhidrosis yang dialami oleh orang dewasa biasanya disebabkan oleh faktor psikologis seperti keadaan pikiran yang sedang stres, perasaan takut, malu, dan rasa cemas. Faktor lainnya karena makanan dan minuman yang dikonsumsi. Faktor kesehatan misalnya menderita penyakit tertentu juga bisa menjadi pemicu keluarnya keringat lebih banyak. Selain itu, efek dari obat yang dikonsumsi seperti obat depresi dan lain sebagainya juga bisa jadi faktor pemicu keringat keluar lebih banyak dari keringat yang keluar secara normal.
Setelah Anda mengenal tentang hiperhidrosis, uraian selanjutnya akan menjelaskan tips untuk mengatasi keluhan Anda tersebut. Anda bisa menerapkan beberapa cara sederhana sebelum pergi ke dokter. Tapi jika keluhan masih berlanjut, Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

1. Perhatikan Makanan dan Minuman Anda!
Makanan bisa menjadi faktor penyebab keringat di tubuh muncul secara berlebihan. Jadi dalam kasus ini, Anda perlu memperhatikan makanan Anda untuk mengatasi keluhan Anda.
Pertama, Anda perlu menghindari makanan pedas yang bisa memicu keluarnya keringat lebih banyak. Alasannya sangat sederhana, makanan pedas biasanya membuat tubuh terasa panas, hal tersebutlah yang memicu keringat Anda keluar lebih banyak dari biasanya. Kedua, Anda perlu mengonsumsi yoghurt untuk mengurangi produksi keringat yang berlebih. Ketiga, Anda perlu konsumsi buah tomat yang bermanfaat dalam membantu mengurangi produksi keringat. Keempat, Anda perlu mengonsumsi daun mint yang manfaatnya untuk menjaga suhu tubuh dari panas berlebih sehingga akan membantu mengurangi produksi keringat di tubuh Anda.
Selain itu, minuman yang akan Anda konsumsi juga perlu Anda perhatikan. Hindari minuman yang mengandung kafein! Minuman yang mengandung kafein dapat memicu produksi keringat lebih banyak dari biasanya. Setidaknya jika memang tidak bisa menghindari, Anda bisa mengurangi kebiasaan Anda meminum teh atau kopi. Sebaiknya, Anda lebih banyak mengonsumsi air putih daripada mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Air putih dapat membantu menjaga kestabilan suhu tubuh sehingga keringat yang keluar dari dalam tubuh tidak terlalu banyak dan masih dalam kadar normal.

2. Perhatikan Kebersihan Tubuh!
Memperhatikan kebersihan tubuh juga bisa menjadi cara mengatasi keringat berlebih yang Anda alami. Keadaan tubuh yang panas biasanya akan memicu keringat berlebih pada bagian wajah, leher, kepala, ketiak, bahkan seluruh tubuh. Jika memang karena hal tersebut, Anda bisa segera mandi. Setidaknya Anda perlu mandi sehari dua kali untuk menjaga kebersihan tubuh. Selain mandi, deodoran juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi produksi kelenjar keringat yang berlebih.

3. Konsultasi ke Dokter!
Setelah mencoba cara sederhana tersebut, jika hasilnya masih kurang maksimal, Anda bisa berkonsultasi pada dokter! Dokter akan menyarankan serangkaian tes dan memberikan solusi yang lebih tepat.

Selamat menerapkan cara mengatasi keringat berlebih yang begitu sederhana! Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Cara Mengatasi Keringat Berlebih, Dijamin Ampuh!

0 komentar:

Posting Komentar