Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Tanpa Infeksi



Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Tanpa Infeksi

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lidah adalah salah satu bagian dari mulut yang juga merupakan salah satu komponen penting dalam proses pengolahan makanan di dalam mulut. 

Seringnya makanan yang diolah oleh mulut juga dibantu oleh lidah. Hal tersebut menimbulkan resiko pertumbuhan jamur yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian - bagian mulut yang lain, penyakit yang timbul akibat berkembangnya jamur ini sudah sering kita dengar namanya, yaitu sariawan. 

Sariawan pada lidah dapat berpengaruh ke persentase serangan atau terjadinya infeksi yang tentu saja proses penyembuhannya lebih sulit. Oleh karena itu kali ini kami bagikan informasi tentang cara menyembuhkan sariawan di lidah dan terhindar dari infeksi. Mari baca selengkapnya.

Sikat gigi

Hal sepele ini sering diabaikan oleh sebagian besar orang, baru setelah mereka merasa sakit kemudian mereka menjadi rajin menyikat gigi mereka. Menyikat gigi pada saat lidah terkena sariawan juga sangat penting dalam mengurangi populasi pertumbuhan jamur, namun diharapkan bagi Anda untuk menggosok gigi secara berhati – hati. Jangan sampai mengenai bagian sariawan yang ada di lidah karena akan berakibat pecahnya kelenjar penyakit itu dan akan menular pada sisi lidah Anda di sekitarnya. Sebagai upaya pencegahan sikatlah gigi Anda 2 kali sehari, rutin setiap hari melebihi 2 kali sehari juga sangat dianjurkan agar tetap menjaga mulut supaya bersih dan terhindar dari jamur penyebab sariawan.

Jangan menggunakan obat kumur atau spray

Penggunaan obat kumur atau spray juga dapat berdampak negatif dalam kasus penyakit sariawan pada lidah ini. Hal ini untuk menghindari perubahan negatif pada daerah seputar rongga mulut untuk pertumbuhan flora normal mulut, namun apabila Anda telah memeriksakan penyakit Anda pada dokter dan mendapat resep obat kumur atau spray sesuai anjuran dokter. Maka berdasarkan pemeriksaan tersebut, Anda harus memakainya sesuai dengan aturan yang telah diberikan.

Air garam

Campuran air dan garam juga mampu membantu Anda agar tidak terkena infeksi pada penyakit sariawan yang Anda derita. Campurkan ½ sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur lalu tunggu beberapa saat dan buang. Lakukan minimal 2 kali sehari atau lebih, Anda juga dapat berkumur saat sariawan mulai terasa sakit.

Minuman dingin atau jus

Minuman dingin atau jus yang mempunyai suhu rendah dapat Anda gunakan sebagai alternatif cara menyembuhkan sariawan di lidah tanpa infeksi. Karena rasa dingin dari es batu atau dari minuman dingin yang Anda minum akan membantu meredakan rasa sakit yang timbul dari penyakit sariawan yang diderita. Minumlah pada saat sariawan terasa sakit agar rasa sakit atau radang yang Anda rasakan berkurang.

Makanan ringan

Makanan ringan yang dimaksud disini adalah makanan yang tidak perlu banyak dikunyah dan tidak bertekstur keras sehingga tak membutuhkan energi lebih dalam mengunyah. Pilihan makanan yang seperti ini misalnya bubur, agar – agar, ice cream, dan lain - lain. Hal semacam ini bermanfaat untuk mengurangi resiko lidah yang terserang sariawan terinfeksi karena dampak dari makanan yang bertekstur keras ataupun makanan yang memerlukan banyak mengunyah. Serta gunakan sedotan apabila perlu agar Anda terhindar dari resiko penularan bakteri dari ujung - ujung gelas minum.

Yoghurt tanpa pemanis

Konsumsi yoghurt juga berpotensi mengurangi tingkat jamur yang ada dalam penyakit sariawan Anda, namun hanya yoghurt dengan tanpa pemanis yang akan bekerja secara efektif. Karena dalam yoghurt ini terdapat Lactobacillus acidophilus yang bekerja melawan jamur, dapat diminum dan dapat Anda jadikan bentuk kapsul untuk alternatif cara mengkonsumsinya.

Asupan gula

Asupan gula yang berlebihan serta makanan yang mengandung ragi berpotensi mempercepat proses pertumbuhan jamur pada penyakit sariawan. Oleh karena itu, hal ini harus dihindari agar sariawan Anda tidak menjadi semakin parah dan tidak menimbulkan infeksi. Selain gula dan ragi, masih banyak bahan lain yang dapat mempercepat pertumbuhan jamur. Bahan-bahan tersebut harus Anda hindari.
 
Sakit yang Anda rasakan pada saat Anda menderita sariawan pada lidah memang sangat membuat menderita, semoga cepat sembuh atau minimal rasa sakit berkurang, setelah Anda membaca beberapa cara menyembuhkan sariawan di lidah tanpa infeksi ini dan mempraktekkannya. Anda juga perlu memperhatikan pola makan Anda sehari hari, karena ini juga sangat berpengaruh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Tanpa Infeksi

0 komentar:

Posting Komentar