Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

Rahasia Menghemat Kapasitas Penyimpanan di iPhone 16 GB

Rahasia Menghemat Kapasitas Penyimpanan di iPhone 16 GB

Sekarang sudah ada iPhone dengan kapasitas memori besar seperti 64 GB dan 128 GB tapi, kalau kamu sudah terlanjur membeli iPhone yang berkapasitas 16 GB, mau bagaimana lagi? Pasti sering merasa ukuran tersebut terlalu sempit kan? Menjual iPhone 16 GB kamu untuk membeli yang berkapasitas 64 GB atau 128 GB tentu bukan solusi yang bagus karena kamu harus merogoh kantong lebih dalam lagi.
Solusi lainnya adalah maksimalkan penggunaan fitur-fitur dan menghemat penggunaaan kapasitas dengan cara ini:
-          Hapus atau Simpan di Cloud Service untuk Foto Yang Tidak Berguna
Untuk kamu yang menggunakan IOS 9, coba buka Settings à General à Storage & iCloud Usage kemudian masuk ke list storage à Manage Storage, tunggu hingga proses loading selesai. Dari situ kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang memakan memori kamu.
Biasanya foto akan memakan memori yang banyak, apalagi buat kamu yang hobi foto, pasti fotonya banyak. Perangkat iPhone dengan kamera 8 MegaPixel memang memiliki foto yang bagus tapi, sungguh memakan memori. Tentu saja solusinya menghapus foto kamu untuk memberi ruang memori iPhone kamu. Setelah menghapus foto, semua foto tidak akan otomatis hilang dan akan tersimpan di folder Recently Deleted. Jadi, kamu harus menghapusnya dari sana.
Solusi lainnya bila sayang pada foto kamu, manfaatkan layanan simpan dokumen yang disediakan iPhone seperti iCloud Drive atau yang disediakan Google seperti Google Photos juga Dropbox. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan foto kamu.
-          Download Game Secukupnya saja
Punya iPhone, kamu pasti jadi hobi main game di perangkat ini karena grafis yang yang detail dan tajam. Terkadang kamu juga menginstall banyak game sekaligus supaya bila bosan dengan satu game bisa memainkan game yang lain. Stop! hentikan kebiasaan ini! Hobi kamu yang seperti inilah yang bisa menguras kapasitas memori iPhone atau iPad kamu.
Install satu atau dua game saja yang benar-benar kamu sukai dan yang pasti akan kamu mainkan. Bila kamu sudah bosan dengan game itu dan ingin mengunduh game lainnya, boleh saja tapi, hapus game lama kamu saat mendapatkan yang baru.
Dengan cara ini, memori perangkat iPhone-mu pasti akan lebih hemat.
-          Jangan Terlalu Sering Download Apple Music
Bagi kamu pengguna layanan Apple Music, jangan mendownload semua lagu. Pilihlah lagu yang benar-benar kamu sukai dan akan sering kamu dengarkan. Untuk lagu lainnya streaming, sajalah. Memang streaming membutuhkan internet kencang dan kuota yang tidak sedikit. Disinilah kamu harus bijak memilih antara kapasitas penyimpanan atau internet.
-          Kurangi Aplikasi yang ada di iPhone
Pasti ada di antara kalian yang hobi mengunduh aplikasi macam-macam, padahal jarang digunakan. Ini adalah salah satu penyebab memori iPhone kamu cepat habis. Download dan install aplikasi secukupnya yang benar-benar kamu butuhkan dan multifungsi.
Batasi untuk hanya memiliki dua sampai tiga aplikasi saja. Untuk, aplikasi yang kurang berguna, hapus saja. Dengan begini, memori ponsel kamu pasti lebih renggang dan hemat.
-          Beli Flash Drive Untuk iPhone
Kegunaan flash drive sebagai media penyimpanan tambahan. Kalau memang kamu tidak bisa menahan memori kamu, belilah flash drive. Kamu bisa menyimpan foto, video, dan lagu di alat tersebut.
Kamu bisa membeli flash drive dengan merk terkenal seperti SanDisk yang memiliki kapasitas 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Pastikan kamu memiliki budget yang pas dengan kapasitas flash drive yang akan kamu beli.
-          Hapus Data Dari Aplikasi Sosial Media
Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan “teman” sejenisnya adalah aplikasi yang memakan banyak memori. Banyak data dan dokumen dari aplikasi tersebut yang gunanya membentuk cache files supaya tidak perlu loading lagi saat membuka aplikasi serupa.
Untuk menghapus data tersebut, buka Settings à General à Storage & iCloud Usage dan pilih Manage Storage. Kemudian, pilih aplikasi sosmed yang ingin kamu hapus, lalu tekan “Delete App”. Aplikasi itu dan datanya yang memakan banyak memori akan terhapus. Unduh ulang untuk mendapatkan aplikasi itu kembali.
Sembari menabung untuk membeli iPhone dengan kapasitas yang lebih besar, gunakanlah dahulu cara-cara di atas agar memorinya cukup.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rahasia Menghemat Kapasitas Penyimpanan di iPhone 16 GB

0 komentar:

Posting Komentar