Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

9 Fitur Keren yang Membuat Android Lollipop Beda

9 Fitur Keren yang Membuat Android Lollipop Beda


Google memang selalu berinovasi dengan ide-ide yang kreatif. Bagaimana tidak, setiap tahunnya Google selalu mengeluarkan sesuatu yang menggetarkan dunia. Salah satu karya Google yang terbaru adalah Android Lollipop. Android versi 5.0 dan patch terbarunya 5.1 ini diliris pada tanggal 25 Juni 2014.
Setiap Google mengeluarkan Android versi terbaru, pasti ada fitur yang baru pula, tak terkecuali dengan Android Lollipop atau yang biasa disebut Android L ini. Fitur yang paling mencolok dari Android 5.0 adalah Materail Design, yang berpengaruh pada tampilan baru Lollipop dan Project Volta yang bisa mengoptimalkan dan menghemat daya baterai handphone.
Tapi bukan itu saja fitur terbaru dari Android L. Berikut ini adalah 10 fitur unggulan Android Lollipop yang membuatnya berbeda dari Android versi lainnya:
  • 1.      Android RunTime

Android versi Lollipop resmi menggantikan Dalvik, yang selama ini sudah menjadi mesin virtual untuk Android dengan Android RunTime. Dengan menggantikannya menjadi Android RunTime atau ART maka ada transformasi dari aplikasi bytecode menjadi Native Instructions yang kemudian akan dilaksanakan oleh Runtime environment oleh ART.
  • 2.      Android Extension Pack (AEP) dan OpenGL ES 3.1

Keduanya bekerja sama untuk membantu dan mendukung Graphic Processing Unit (GPU) pada sistem operasi Android Lollipop agar melakukan render visual lebih baik lagi daripada versi Android sebelumnya. Jadi saat anda melihat layar ponsel anda, grafiknya akan menjadi lebih bagus dan lebih detail.
  • 3.      Material Design

Fitur yang memiliki nama kode Quantum Paper ini akan membuat tampilan smartphone kamu menjadi lebih elegan dan modern. Selain itu, fitur yang dikembangkan oleh Google sendiri ini juga membuat layout berbasis grid, animasi yang lebih baik dan transisi respontif.
  • 4.      Tap dan Go

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengganti perangkat Android yang baru dengan lebih cepat. Selain itu, fitur ini bisa menggunakan Near Field Communication atau NFC dan juga Bluetooth untuk mentransfer rincian akun Google, pengaturan konfigurasi, dan aplikasi yang terinstall.
  • 5.      Keamanan Perangkat

Terkadang sebagai manusia, anda pasti bisa lupa dan kehilangan perangkat anda. untuk mengantisipasi hal ini, Google melengkapi Android Lollipop dengan keamanan lebih.
Sistem operasi Android akan tetap terkunci sampai pemilik aslinya yang masuk ke akun Google perangkat tersebut. Sistem akan tetap terkunci walaupun perangkat sudah diatur ulang.
  • 6.      15 Bahasa Baru

Google juga melengkapi Android Lollipop dengan 15 bahasa baru, yaitu Telugu, Tamil, Nepali, Sinhala, Marathi, Macedonian, Malayalam, Icelandic, Kannada, Kyrgyz, Galician, Chinese, Hongkong, Burmese, Basque, dan Bengali.
Anda tinggal memilih bahasa mana yang akan anda pakai dan tentunya anda harus mengerti dahulu bahasa-bahasa tersebut.
  • 7.      Project Volta

Seperti sudah disebutkan Project Volta dibuat untuk mengoptimalkan dan menghemat penggunaan daya baterai perangkat Android Lollipop anda. Selain itu, Fitur ini juga membuat Android Lollipop jadi ramah lingkungan.
  • 8.      Pratinjau Sebelum Mencetak

Bila anda ingin mencetak suatu dokumen, anda tidak akan sadar bila ada sesuatu yang salah namun, kini Android 5.0 Lollipop sudah mendukung pratinjau atau pemeriksaan sebelum mencetak.
Selain memeriksa dokumen, Android Lollopop juga mendukung untuk meninjau halaman web yang akan dicetak. Jadi, anda tidak akan salah lagi dan harus mengulang mencetak sehingga pemborosan bisa dihilangkan.
  • 9.      CPU 64-Bit

Terakhir, Android Lollipop juga mendukung CPU dengan Instruction set 64 Bit yang akan memberikan kinerja yang maksimal pada perangkat anda dalam penggunaan memori sistem.
Itulah 9 fitur yang menjadi keunggulan Android Lollipop 5.0 dan 5.1. Masih banyak lagi fitur yang juga membuat kemajuan Android Lollipop tapi, bisa dikatakan kalau 9 fitur di atas adalah fitur yang paling berpengaruh kepada Android 5.1 Lollipop.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Fitur Keren yang Membuat Android Lollipop Beda

0 komentar:

Posting Komentar