Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

Cara Mengatasi Hp Android BootLoop

Cara Mengatasi Hp Android BootLoop
Apa itu Android BootLoop? Istilah BootLoop didapat dari kata `boot` yang berarti menghidupkan perangkat dan 'loop' yang berarti pengulangan. Jadi, BootLoop bisa diartikan sebagai proses boot atau start yang berulang dengan sendirinya secara terus menerus tanpa perintah. Penyebab BootLoop beragam, bisa disebabkan karena beratnya sistem atau data cache yang memenuhi memori perangkat Android anda. Bisa juga karena adanya masalah dengan aplikasi yang terinstall pada gadget Android yang anda miliki. Penggunaan aplikasi yang terlalu lama juga bisa membuat perangkat lelah sehingga perangkat akan me-restart dengan sendirinya. Karena berbagai faktor yang menyebabkan BootLoop, tingkat kerusakannya pun juga beragam, dari yang ringan dan mudah diatasi sampai yang berat sehingga akan sangat sulit untuk diperbaiki. Tapi, sangat sulit bukan berarti tidak bisa, berikut adalah tingkatan kerusakan BootLoop pada Android dan cara mengatasinya:


  • Android Light BootLoop (BootLoop Ringan) Data cache dari sistem atau aplikasi yang menjadi faktor terjadinya BootLoop ringan ini sehingga sistem kelelahan dan butuh penyegaran dan akhirnya me-refresh diri sendiri. Biasanya Android Light BootLoop terjadi ketika anda sedang bermain dengan waktu yang sangat lama. Seperti yang sudah dikatakan, cara mengatasinya cukup mudah, cukup matikan perangkat anda dan cabut baterainya. Tunggu beberapa saat dan pasang baterainya lagi kemudian hidupkan kembali. Untuk baterai yang permanen atau yang tidak bisa dicopot, lakukan proses “Wipe User Data” melalui Android System Recovery.



  • Android Medium BootLoop (BootLoop Menengah) BootLoop medium atau BootLoop tingkat menengah terjadi karena kesalahan prosedur yang diakibatkan proses Rooting. Kegagalan sistem seperti ini biasanya terjadi karena terlalu sering membongkar sistem Android pada perangkat, modifikasi touchscreen, dan masih banyak lagi. Solusi untuk masalah tingkat ini adalah dengan masuk ke Android System Recovery dan lakukan Factory reset. Jika anda pernah melakukan backup data, anda bisa melakukan proses restore dengan bantuan komputer atau dengan aplikasi yang mendukung.



  • Android Hard BootLoop ( BootLoop Parah) BootLoop pada tingkat ini biasanya terjadi karena pengguna terlalu berlebihan dalam mengotak-atik atau tweaking sistem operasi Android, seperti mengubah yang ada di sistem Android dan menghapus file penting dari sistem. Serangan virus juga menjadi faktor yang menjadi penyebab BootLoop bisa ketingkat ini.


Untuk Android Hard BootLoop, solusinya memang sangat rumit dan mengharuskan untuk dilakukan install ulang pada sistem Android. Jika kerusakan BootLoop sudah sangat fatal lebih baik bila dibawa ke tempat servis Android terdekat karena perbaikannya membutuhkan keahlian khusus. Bagaimana? Apa anda sudah mengerti tentang BootLoop? Dengan anda mengetahui penyebab dan solusinya, setidaknya anda bisa memperbaiki perangkat Android anda saat masalah ini menyerang pada tingkat rendah dan medium.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Hp Android BootLoop

0 komentar:

Posting Komentar