Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

Ini Dia Cara Menangani Pelanggan yang Marah-Marah

Ini Dia Cara Menangani Pelanggan yang Marah-Marah

Ini Dia Cara Menangani Pelanggan yang Marah-Marah - Kita tentunya pernah bukan menerima pesan adanya pelanggan yang marah-marah? Mungkin itu karena pelayanan kita kurang maksimal, atau mungkin kita kurang profesional dibidang yang kita lakoni. Atau bahkan mungkin sudah dari sananya si pelanggan memiliki sifat selalu marah-marah.

Tenang, kali ini saya akan membuat sebuah artikel yang sangat membantu kamu para Customer Service dalam menangani masalah yang terjadi pada pelanggan yang tipenya suka marah-mara. Bagaimana caranya? Sangat simpel dan sangat mudah sekali jika kamu menyimak artikel berikut ini. Oke langsung saja berikut Cara Menangani Pelanggan yang Marah-Marah.

1. Memahami Keluhan Si Pelanggan yang Marah-Marah


Yang ini adalah yang pertama sekaligus yang terpenting. Jika kamu menemui pelanggan yang marah-marah, segera dengarkan apa masalah atau keluhan dari pelanggan tersebut. Jangan langsung kamu balik marah lagi, itu tidak sopan namanya. Bersikaplah tenang dan selalu pasang mata (jika berbicara lewat Live Chat atau Email) untuk melihat keluhan si pelanggan. Juga kita harus menahan emosi kita kalau si pelanggan yang marah-marah ini melecehkan bisnis kita tau bahkan kita sendiri.

2. Tawarkan Solusi


Setiap masalah pasti ada solusinya. Begitu pula dengan yang satu ini. Jika ada pelanggan yang marah-marah karena misalkan barang yang dia pesan belum sampai-sampai, maka kamu harus memiliki ide untuk mencari solusi atau bahkan membuat solusi. Misalkan kemudian kamu menawarkan gratis biaya pengiriman, maka kemungkinan besar si pelanggan akan mau-mau saja dan menyelesaikan masalah.

3. Pelanggan Dimintai Saran dan Kritik


Setelah memahami keluhan si pelanggan yang tiba-tiba marah-marah, lalu kemudian sudah menawarkan solusi yang paling baik, dan masalah sudah terselesaikan, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah meminta saran dan kritik dari pelanggan yang marah-marah tersebut. Dengan meminta saran dan kritik dari pelanggan yang marah-marah tersebut kita bisa meminimalisir terjadinya "pelanggan marah-marah" lagi, dan itu juga dapat meningkatkan kualitas bisnis kita sekaligus membuat kita semakin profesional.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Dia Cara Menangani Pelanggan yang Marah-Marah

0 komentar:

Posting Komentar