Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

Cara Terbaru Setting Domain Dari Blogspot Ke Dot TK 2015

Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang cara terbaru daftar domain gratis Dot.tk serta cara setting custom domain Blogspot dan setting DSN Dot.tk. Sebenernya yang sudah membagikan tutorial ini sudah banyak sekali di google, tetapi dengan terus berjalannya waktu website dot.tk pun sudah banyak memiliki pembaruan, mungkin bagi anda yang sudah pernah mendaftar pada tahun sebelumnya dan kemudian login kembali pada tahun 2015 ini, anda akan merasa sedikit kebingungan karena tampilan website tersebut sudah berbeda karena sudah di modifikasi 100% sesuai dengan perkembangan zaman. Apalagi saya yang masih awam di dunia internet ini, tetapi untungnya ada kaka saya yang mau mengajari untuk setting custom domain dari blogspot ke Dot Tk ini.

Sebelum anda mengganti subdomain anda ke domain TLD alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu untuk kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kelebihannya ialah professionallisme, karna memiliki domain sendiri adalah langkah awal untuk menunjukan keseriusan anda berkereasi di dunia internet, karena subdomain seperti blogspot itu lebih cocok kita gunakan hanya sekedar untuk belajar mengolah sebuah web personal saja. Nah bagi anda yang ingin serius menggeluti bisnis online dengan membuat website akan lebih baik jika anda menggunakan custom domain.

Kekurangannya adalah anda harus mengeluarkan sedikit modal untuk membeli custom domain ini. Tetapi kekurangan tersebut bisa anda tutupi dengan mencoba menggunakan custom domain Dot Tk ini, karna untuk registrasinya tidak dibutuhkan biaya sedikitpun alias gratis, tapi dengan catatan anda hanya bisa menikmati layanan gratis ini paling lama hanya 12 bulan saja, walaupun begitu hal ini tetap sangat menguntungkan bagi anda yang hanya sekedar ingin belajar mengolah sebuah website dengan domain milik anda sendiri.

Berikut ini adalah cara daftar/registrasi domain gratis di Dot Tk :

  • Langkah pertama silahkan anda kunjungi websitenya di www.dot.tk
  • Setelah masuk silahkan anda isikan nama domain yang anda inginkan, contohnya : nadia-rieska 
  •  Stelah nama domain sudah diisi langsing klik GO. Kemudian silahkan pilih Use DNS lalu pilih Your own DNS, silahkan isi kolom Server Name yang pertama dengan "ghs.google.com" tanpa tanda petik. Pada Registration length silahkan pilih 12 bulan.
  • Silahkan isi karakter capthanya, langsung klik Sign Up 
  • Langkah selanjutnya anda tinggal mengisi alamat email anda untuk registrasi, atau bisa juga menggunakan facebook dan akun media sosial lainnya. Tetapi saya sarankan agar menggunkana email saja agar lebih mudah.
  • Selanjutnya anda tinggal mengisi nama, password dll, ikuti saja petunjuknya.
Sampai disini anda sudah memiliki akun di Dot Tk, langkah selanjutnya kita tinggal manage DSN pada Dot Tk dan menghubungkannya ke subdomain blogspot. Silahkan perhatikan caranya di bawah ini.

Cara setting domain Blogspot ke Dot Tk :

  • Langkah pertama silahkan anda login ke Dot Tk, anda akan di arahkan my.freenom.com, disini anda bisa manage DSN-nya.
  • Silahkan pilih Domain > My Domain > Manage DSN > Mange Freenom DSN  
  • Kemudian silahkan tambahkan More Record sebanyak 6 kolom
  • Enam kolom Record tersebut berisi 4 Type A dan 2 Type CNAME agar lebih mempermudah silahkan lihat gambar di bawah ini :
  • Silahkan ikuti saja pengisiannya persis seperti gambar di atas, kemudian pilih Save Changes. 
  • Selanjutnya silahkan anda masuk ke dashbor blog Setelan > Dasar > Alamat Blog > +Siapkan URL Ke 3 Untuk Blog Anda silahkan isi dengan URL domain yang anda daftarkan tadi dan tambahkan www pada awalnya, seperti ini contohnya : www.nadia-rieska.com. Silahkan pilih Simpan. Kemudian akan keluar peringatan error seperti tampak pada gambar di bawah ini : 
  •  Slahkan kembali ke mange DSN Dot Tk tadi tambah kan 2 kolom Record baru, pada kolom pertama ganti Type-nya CNAME, pada kolom kedua biarkan saja Type-nya tetap A. 
  • Kemudian silahkan isikan kode dari blogspot untuk verifikasinya yang terdapat pada gambar di atas yang saya beri tanda panah. Kode yang sebelah kiri silahkan masukan pada kolom Name dan yang sebelah kanan masukan pada kolom Target. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :
  •  Lalu tinggal pilih Save Changes
  • Kembali ke blogger kemudian tunggi beberapa menit, lalu pilih Simpan.
  • Selesai.
Nah kira-kira seperti itu cara setting domain subdomain blogspot ke dot tk. Gimana mudah bukan? Mungkin bagi anda yang baru pertama kali, melihat tutorial yang panjang ini agak sedikit pusing, tetapi jika anda memperhatikannya bener-bener insyaallah anda akan berhasil membuat domain gratis di Dot TK ini. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Terbaru Setting Domain Dari Blogspot Ke Dot TK 2015

19 komentar:

  1. it works, btw kalo yang 216.239.32.21 cuma 1 kolom apa ada pengaruhnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas fatkhur rizal karena Google memang memiliki 4 IP. Jadi harus empat-empatnya di masukan ^_^

      Hapus
  2. mau nanya dong sista kalo ane bales koment di blog sendiri kenapa ngga ada logo author nya yah ! kasih tau dong solusinya

    BalasHapus
  3. ijin menyimak gan,, thanks buat infonya sangat bermanfaat sekali

    http://goo.gl/wDORIK

    BalasHapus
  4. Sampe berapa lama masa redirect dan blog kembali aktif?

    BalasHapus
  5. Masalahnya ane udah seting custom domain mpe 3 hari tapi malah erorr terus gimana ni?

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah berhasil teh, nuhun :)
    Ini web baru saya www.rmajib.tk

    BalasHapus
  7. makasihhhhh bro, berhasil.. mantap

    BalasHapus
  8. makasih gan berhasil, ni contohnya
    terimakasih banyak banyak banyak nya gan

    kunbal gan :

    www.banicyber.ga

    BalasHapus
  9. mantaapss gan sharingnya :D thq..


    www.unopapua.com

    BalasHapus
  10. Punyaku kok muncul "This hostname is not valid" ya gan?

    BalasHapus