Mengulas tentang Berbagai Informasi Terkini

Cara Setting Domian my.id dari Idwebhost di Blogspot

Cara setting domain my.id dari Idwebhost di Blogspot - Pada bulan april ini Idwebhost memberikan promo besar-besaran, yaitu domain my.id di bagikan secara geratis pada serluruh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya domain my.id ini masih sangat sedikit peminatnya, tetapi karena di bagikan secara gratis maka blogger Indonesia termasuk saya banyak yang meng-order domain tersebut.

Tetapi tau kah anda bahwa domain ber-extensi .id secara default tidak memiliki fitur manage DNS untuk menambah beberapa settingan seperti Arecord, Cname, MX Record dll. Tentu saja hal ini membuat sulit jika ingin menghubungkan domain my.id dengan blogspot bila tidak ada fitur untuk mange DNS nya. Lantas bagaimana jika kita ingin menghubungkannya ke blogspot? Cara yang paling mudah untuk setting domain my.id ke blogspot adalah dengan memanfaatkan layanan manage DNS gratis pihak ketiga yaitu CaloudFlare.

setting domain my.id di blogspot

Berikut ini adalah Cara Setting domain my.id dari Idwebhost di Blogspot : 

1. Untuk langkah yang pertama silahkan anda login terlebih dahulu ke dasborad blogger.
2. Silahkan pilih Setelan > Dasar kemudian silahkan pilih + Sipakan URL pihak ke-3 untuk blog anda.


3. Kemudian silahkan anda masukan domain my.id anda dengan di tambahkan www di didepan domain.


4. Lalu pilih Simpan. Kemudian akan muncul error dan akan mendapatkan kode Cname seperti tampak pada gambar dibawah ini.Copy kode tersebut ke dalam notepad, lalu biarkan terlebih dahulu.


5. Sekarang anda silahkan kunjungi situs CloudFlare disini. Silahkan anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu disitusnya.
6. Setelah mendaftar, anda akan di arahkan ke halaman dashboard CloudFlare. Lalu silahkan tambahkan situs anda. Jika sudah silahkan pilih Add website untuk melanjutkan.


7. Kemudian pilih Continue setup untuk ClaundFlare melakukan scanning pada domain anda, silahkan anda tunggu sebentar.


8. Setelah scanning selesai, anda akan di arahkan ke pengaturan DNS Records. Silahkan anda tambahkan type ARecord dengan memilih menu Add. untuk memasukan 4 IP Google. Pada kolom Type pilih A. Pada kolom Name masukan URL domain anda.  Pada kolom Value masukan IP Google 1 per satu.
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Silahkan lihat gambar di bawah ini.


9. Kemudian tambahkan 2 kolom lagi dengan Type CNAME. Silahkan anda masukan kode blogspot yang anda dapat tadi pada langkah no. 4. Silhakan lihat gambar di bawah ini.


10. Jika sudah, silahkan secroll ke bagian bawah lalu pilih I've added all missing records, continue.
11. Lalu anda akan di arahkan ke dalam dashbord CloudFlare, silahkan anda pilih icon roda gigi pada URL domain anda lalu pilih DNS Setting.


12. Anda akan di arahkan kembali pada halaman pengaturan DNS Records. Silahkan anda nonaktivkan pada record CNAME yang saya beri kotak merah. Lalu scroll ke bagian bawah kemudian pilih I'm done entering my DNS records.


13. Anda akan di arahkan ke setting CloundFlare. Silahkan anda setting seperti gambar di bawah ini.


14. Jika sudah silhakna pilih Continue untuk melanjutkan.
15. Anda akan di arahkan ke halaman Nameserver dari CloudFlare tersebut. Silahkan anda copy Naveserver CloudFlare ke notepad.
16. Silahkan anda login ke akun Idwebhost anda, kemudian pilih Kelola Domain > Mange Nameserver.


17. Silahkan anda masukan Nameserver dari CloudFlare tersebut ke Nameserver Idwebhost.


18. Lalu pilih Ubah Nameserver.
29. Silahkan anda kembali lagi ke situs CloudFlare untuk meng-update Nameserver-nya. Silahkan pilih I've updated my nameserver, continue.
20. Selesai, silahkan anda tunggu 5 sampai 8 jam untuk proses pointing-nya.

Jika proses pointing sudah selesai maka anda akan mendapatkan notifikasi seperti berikut ini :


Lalu silahkan anda kembali ke dashboard blogger untuk menyimpan settinggan URL pihak ke tiga pada langkah no. 4 tadi. Jika masih belum tersimpan silahkan tunggu 2x24 jam agar custom domain baru anda bisa di akses.

Gimana mudah bukan? Jika masih ada yang kurang jelas, anda bisa menanyakan pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Setting Domian my.id dari Idwebhost di Blogspot

1 komentar: